Minggu, 12 Februari 2017

Sekolah kualitas baik VS Sekolah kualitas standart di Papua

Semua orang tua tentunya mendambakan anak - anaknya menempuh pendidikan pada sekolah - sekolah yang memiliki kualitas pendidikan baik namun hal itu tidak sesuai dengan harapan. Sekolah dengan kualitas baik termasuk sekolah negeri yang seharus menerima anak - anak dari keluarga kelas ekonomi menengah ke bawah malah cenderung memilih menerima siswa anak pejabat dan pengusaha besar terutama siswa non Papua.

Mayoritas anak - anak Papua bersekolah pada sekolah swasta terutama sekolah yang dibangun oleh Yayasan Pendidikan Kristen (YPK), Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik(YPPK), dan Yayasan Advent. Sejak awal orang Papua mengenal Peradaban gereja memilliki peran yang penting dalam proses memanusiakan orang Papua. Dengan fasilitas yang terbatas mereka berusaha memperkenalkan peradaban modern, termasuk memperkenalkan sistem pendidikan formal. Walaupun sekarang terdapat beberapa sekolah Katolik yang menyimpang dari misi YPPK di tanah Papua dengan memilih menerima siswa non Papua dengan porsi lebih dari pada siswa Papua.

Sangat ironis apabila sekolah - sekolah Negeri yang dibangun di Papua tidak memperdulikan pendidikan untuk orang Papua. Padahal sudah sewajarnya anak - anak asli Papua diterima disekolah Negeri dengan porsi yang sama dengan anak - anak non Papua atau pendatang. Dengan demikian pemerintah membantu meringankan biaya pendidikan bagi siswa asli Papua yang berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah.

Fenomena ini sudah seharusnya menjadi perhatian para pemimpin di Papua bahwa menyiapkan anak - anak Papua dengan pendidikan berkualitas baik sejak dini berarti kita telah menyiapkan para pemimpin Papua masa depan berkualitas pula. Langkah awal yang dibuat oleh mantan Bupati Jayapura Matius Awaitouw dengan membuat program penerimaan khusus untuk putra/i Papua di SMU Negeri I Sentani dan pembentukan kelas proteksi untuk siswa Papua jurusan IPA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Natal Momen Paling Bahagia Bagi Orang Papua . By.. Monica Nauw

 Natal atau kehiran Yesus adalah momen bahagia bagi semua umat Kristen di dunia dan khusus umat Kristen di Papua.  Pulau Papua yang merupaka...